Pemkab Sleman Konsen Berdayakan Lansia

causes

Kegiatan ini diselenggarakan kerjasama Survey METER dengan Universitas Katholik Atma Jaya Jakarta dan University of Southamtom,United Kingdom.

Lowongan Asisten Peneliti Lapangan

Jumat, 09/12/2022SurveyMETER

lowongan desember

Form pendaftaran : https://surveymeter.org/form_pendaftaranDS2022

Download template CV yang harus diserahkan pada saat test/wawancara di sini

PERHATIAN !!

SurveyMETER menyelenggarakan perekrutan asisten lapangan hanya melalui aplikasi form pendaftaran di website. Kelengkapan isian form pendaftaran merupakan seleksi administratif tahap awal sebelum HRD SurveyMETER menghubungi pelamar via website, email, telepon, WA, atau SMS. Penjelasan terkait proyek, teknis pelaksanaan, dan hal-hal lain akan dijelaskan pada saat tes tulis dan wawancara.

Kunjungan Lapangan Asian Development Bank (ADB) ke Lima Area Lokus Pilot Project TA 9928 REG: Developing Innovative Community-Based Long-Term Care Systems and Services

Senin, 05/12/2022Yogyakarta

causes

Bappenas dalam melaksanakan Pilot Pembentukan Layanan dan Sistem Perawatan Jangka Panjang, mendapatkan dukungan teknis (Technical Assistant—TA) dari Asian Development Bank (ADB).   Pada bulan November 2022, Asian Development Bank melakukan serangkaian kunjungan lapangan ke lima area pilot proyek TA 9928 REG: Developing Innovative Community-Based Long-Term Care Systems and Services. Setelah lebih dari dua setengah tahun memberikan pelatihan pertemuan serta mentoring implementasi secara daring, tim ADB berkesempatan untuk bertemu langsung dengan semua tim Layanan Lansia Terintegrasi (LLT).  Secara maraton Tim ADB bertemu dengan tim LLT dari Melinggih (Gianyar) dan Pedungan (Kota Denpasar) di Provinsi Bali serta Banyuraden (Sleman), Guwosari (Bantul) dan Wirogunan (Kota Yogyakarta) di Provinsi D.I Yogyakarta. Pertemuan diawali di Melinggih pada tanggal 15 November 2022 dan dilanjutkan keesokan harinya di Pedungan. Lalu tanggal 18 November ADB melanjutkan kunjungannya ke Banyuraden dan Guwosari serta menutup rangkaian kunjungan lapangan tanggal 21 November 2022 dengan mengunjungi Wirogunan.

Dalam pertemuan ini, SurveyMETER yang mengkoordinir pelaksanaan pilot ini di lima lokasi, berkesempatan memandu acara diskusi dengan para pemangku kepentingan dari masing-masing area seperti kepada desa/lurah setempat, puskesmas, PKK, Posyandu lansia dan layanan lansia lainnya. Topik seperti keberhasilan LLT, penyampaian layanan dari LLT serta harapan di tahun 2023 merupkan hal yang cukup menarik untuk dibahas di antara mereka. Selain itu, tim ADB  juga melakukan diskusi mendalam bersama tim Layanan Lansia Terintegrasi untuk menggali pemahaman masing-masing akan program layanan dan dukungan bagi para lansia. Pada setiap pertemuan, tim ADB mengunjungi kegiatan para lansia aktif yang bervariatif. Mulai dari yoga, ekonomi kreatif, senam otak, hingga pembuatan jamu tradisional. Selain meninjau kegiatan lansia aktif, mereka berkesempatan juga mengunjungi lansia tirah baring atau dalam kategori lansia level 3 yang rentan dan renta. Kunjungan langsung ke para lansia tersebut membuat mereka lebih memahami apa yang sudah berjalan baik dan area mana yang memerlukan dukungan lebih lanjut.

Kunjungan ADB 2

Kunjungan Lapangan Asian Development Bank (ADB) ke lokasi pilot projek TA 9928 di Provinsi Bali dan D.I Yogyakarta, 15-21 November 2022

Di sela kunjungan tersebut, tim ADB juga mengadakan workshop selama satu setengah hari bersama para konsultan nasional dan Internasional dari Layanan Lansia Terintegrasi. Bertempat di kantor SurveyMETER pada tanggal 19-20 November 2022, acara ini menjadi ajang diskusi mendalam yang lama tertunda bagi para konsultan nasional/internasional dan ADB. Hasil yang disimpulkan dalam workshop tersebut diharapkan dapat memudahkan kegiatan Layanan Lansia Terintegrasi ke depannya.

Pertemuan yang singkat namun cukup berkesan mendalam ini merupakan wujud nyata dari keseriusan Bappenas, ADB, SurveyMETER dan para konsultan nasional/internasional dalam menangani persoalan lansia yang ada di Indonesia. Menua merupakan proses yang tidak dapat dihindari. Menua di tempat yang nyaman serta komunitas yang aman tanpa memandang tingkat pendapatan ataupun kemampuan adalah harapan hidup berkualitas yang didambakan oleh para lanjut usia. 

 

WAPOR 75th Annual Conference, Dubai, 10-13 November 2022

Rabu, 30/11/2022

causes

Didirikan pada tahun 1947, World Association for Public Opinion Research (WAPOR) adalah asosiasi peneliti profesional internasional dalam bidang survei dan penelitian opini publik. Tahun ini, konferensi mengambil tema “75 Tahun Penelitian Opini Publik Seluruh Dunia”, dan menghadirkan banyak pembicara terkemuka. Lebih dari 250 peneliti dari 57 negara menghadiri konferensi tersebut.

SurveyMETER – satu-satunya perwakilan dari Indonesia dan pertama yang mengikuti acara bergengsi tersebut – mempresentasikan dua paper dalam forum ini dengan menggunakan data dari World Values ​​Survey (WVS) 2018. Paper yang pertama berjudul “Parents’ perceptions on teaching social values and character to their children at home in Indonesia” dipresentasikan oleh Ibu Ni Wayan Suriastini, Direktur Eksekutif SurveyMETER. Paper ini menyoroti nilai-nilai yang orang tua Indonesia cenderung wariskan kepada anak-anaknya sekaligus melihat latar belakang orang tua yang mempengaruhi isu ini. Paper kedua dengan judul “Internet access and perception on science and technology in Indonesia”, yang dibahas oleh Dwi Oktarina, peneliti SurveyMETER, berpendapat bahwa orang yang mengakses internet setiap hari cenderung memiliki pendapat yang tidak kuat tentang sains dan teknologi daripada orang yang tidak mengakses internet setiap hari. Ibu Bondan Sikoki, pendiri SurveyMETER dan salah satu penulis paper pertama, juga turut hadir dan berpartisipasi dalam acara ini.

Diskusi dan publikasi berkelanjutan sehubungan dengan opini publik dari berbagai negara di dunia memperluas pengetahuan dan wawasan para peserta. Riset yang berfokus pada opini publik sangat penting untuk memastikan suara rakyat didengar dan demokrasi dijalankan dengan baik.

Wujudkan Layanan Lanjut Usia Terintegrasi, Program “Lansia Girang Melinggih” Dilaunching

Selasa, 01/11/2022Gianyar, Bali

causes

Secara resmi di tahun 2021 Indonesia memasuki fase struktur penduduk menua yaitu memiliki persentase jumlah lanjut usia lebih dari 10%. Di tahun 2021 Indonesia telah mempunyai persentase jumlah lanjut usia 10,82% dengan jumlah 29.3 juta lanjut usia. Provinsi Bali merupakan satu dari delapan provinsi yang memiliki persentase jumlah penduduk lanjut usia lebih dari sepuluh persen tersebut, yaitu 12.71%.

Dr. Suriastini, Direktur Eksekutif SurveyMETER mengatakan mengingat sifatnya yang penting dan mendesak BAPPENAS menginisiasi pilot Layanan Lanjut Usia Terintegrasi (LLT) dengan menggandeng dukungan Teknis dari ADB dan dukungan dari pemerintah Daerah Kabupaten/Kota dan Desa/Kelurahan di lima lokasi di Indonesia. Lokasi pilot, dua di Bali yaitu di Desa Melinggih, Gianyar dan Kelurahan Pedungan, Kota Denpasar dan 3 lainnya ada di D.I. Yogyakarta. SurveyMETER mengkordinasikan implementasinya dengan di support oleh Konsultan National dan Konsultan International ADB. Mulai Bulan Februari 2021 sampai Mei 2022 dilakukan training pengembangan kapasistas dan implementasinya secara bertahap dilakukan setelahnya.

LLT adalah layanan terintegrasi yang proses integrasinya terjadi secara natural yang difasilitasi oleh manager kasus. Manager Kasus mengintegrasikan layanan yang sudah sudah atau sedang dikembangkan oleh Pemerintah Universitas/Institut/Lembaga Penelitian, LSM dan Masyarakat untuk meningkatkan pelayanan Holistik bagi lanjut usia secara terintegrasi dalam hal kesehatan, sosial dan ekonomi.

Lebih jauh Prebekel Desa Melinggih, I Made Diptayana, A.Md. mengungkapkan, di Melinggih disebut dengan Layanan Lansia Terintegrasi “Lansia Girang Melinggih” yang berarti “ Lanjut Usia Gianyar Ramah Aman dan Senang, dengan Menata Lingkungan Canggih”. Hasil pendataan terakhir per tanggal 4 Oktober 2022 yang dilakukan oleh Mahasiswa ITEKES Bali yang melakukan PKL Profesi NERS menunjukkan jumlah lanjut usia di Melinggih 1127 orang.

Lanjut usia yang lemah dan rentan, yang disebut dengan level 3 ada sebanyak 94 orang atau 8.3%. Sampai sekarang yang dilayani baru 13% saja. Lanjut usia yang mengalami beberapa gangguaan kesehatan dengan keadaan fungsional yang baik disebut dengan level 2 berjumlah 355 orang atau (37.50%) dan lanjut usia yang sehat disebut dengan level 1 berjumlah 678 orang atau (54.10%). Prebekel Melinggih juga mengajak para lanjut usia untuk tidak pesimis karean pemerintah Kabupaten dan Desa hadir untuk para lanjut usia.

Bertempat di Di Puspem Kecamatan Payangan, Minggu, 30 Oktober 2022, Bupati Gianyar, I Made Mahayastra, SST.Par., M.A.P. diwakili Asisten II Melaunching Layanan Lansia Terintegrasi (LLT) Desa Melinggih dengan pemukulan gong. Bupati Gianyar, I Made Mahayastra, SST.Par., M.A.P. dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten II Pemkab Gianyar mengatakan LLT Desa Melinggih menjadi contoh bagi desa-desa lain dalam memberikan layanan yang lebih baik pada lanjut usia. Pemerintah, komunitas, masyarakat dan keluarga perlu bahu membahu mewujudkan layanan yang lebih baik bagi lanjut usia.

Sementara itu rektor ITEKES Bali, I Gede Putu Darma Suyasa, Ph.D. mengatakan akan terus melanjutkan dukungan pada LLT desa Melinggih, setelah selama enam minggu terakhir mahasiswa ITEKES Bali melakukan PKL Profesi NERS di Desa Melinggih dan membantu berbagai kegiatan di LLT. Bagian kegiatan juga menjadi upacara penutupan PKL Profesi NERS ITEKES Bali. Pada kesempat ini Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Giayar, diwakili oleh sekretaris, Ibu Wayan Sriyani juga menyerahkan bantuan kursi roda. Acara dimeriahkan dengan penampilan bondres tentang LLT, tari pendet, janger, senam, yoga, wirama, kerajinan dan kuliner dari Lanjut Usia Aktif Desa Melinggih. (hd)

Sumber:

https://metrobali.com/wujudkan-layanan-lanjut-usia-terintegrasi-program-lansia-girang-melinggih-dilaunching/

Tanggal
17 Oktober 2022

Kata Kunci


Lokasi


Tipe
Berita

Penulis
Marsha Habib



Share Artikel:

Lembar Fakta – Warga Terlihat, Tercatat, dan Terlayani

Pada 2021 SurveyMETER bekerja sama dengan Puskapa UI atas dukungan KOMPAK, Australian Government dan Kementerian PPN/Bappenas kembali melaksanakan studi pendokumentasian capaian program Penguatan Adminduk dan Statistik Hayati (PASH).

Sepanjang 2015-2021 program PASH mendukung upaya pemerintah untuk mengatasi berbagai rintangan yang dialami pemerintah daerah dan warga serta membantu percepatan cakupan dokumen indentitas hukum yang merupakan haknya di beberapa wilayah. Sejak 2019 SurveyMETER melaksanakan studi terkait program PASH tersbut.  

Berikut tautan Lembar Fakta hasil studi PASH 2021 yang disusun Puskapa—yang merupakan sintesis dari dokumentasi pelaksanaan dan hasil-hasil program flagship PASH yang bertujuan untuk memberikan gambaran yang utuh tentang perjalanan, hasil, dan pembelajaran program sejak studi awal pada tahun 2015, perancangan program pada tahun 2016, sampai implementasi bertahap sejak tahun 2016 hingga Desember 2021.

https://puskapa.org/publikasi/5817/

 

Longitudinal outcomes of post-traumatic stress disorder among the Indian Ocean tsunami survivors in Indonesia

causes

Post-traumatic stress disorder (PTSD) following a disaster could change over time. This study aimed to analyze the risk factors of PTSD among the 2004 Indian tsunami survivors in Aceh and North Sumatra province, Indonesia.

Open Recruitment Asisten Research Analyst

Jumat, 30/09/2022SurveyMETER

OP

Download template CV yang harus diserahkan pada saat test/wawancara di sini

PERHATIAN !!

SurveyMETER menyelenggarakan perekrutan asisten lapangan hanya melalui aplikasi form pendaftaran di website. Kelengkapan isian form pendaftaran merupakan seleksi administratif tahap awal sebelum HRD SurveyMETER menghubungi pelamar via website, email, telepon, WA, atau SMS. Penjelasan terkait proyek, teknis pelaksanaan, dan hal-hal lain akan dijelaskan pada saat tes tulis dan wawancara.

Tanggal
10 Agustus 2022

Kata Kunci
Lanjut Usia dan COVID-19, Kesehatan dan Lanjut Usia

Lokasi
Indonesia

Tipe
Buku

Penulis
Ni Wayan Suriastini, Endra Dwi Mulyanto, Ika Yulia Wijayanti, Osuke Komazawa, Takuma Kato, Maliki, Dinar Dana Kharisma



Share Artikel:

Lanjut Usia dan COVID-19 di Indonesia (Edisi 2022)

Eria2

Survei telepon putaran kedua ‘Lanjut Usia dan COVID-19 di Indonesia’ merupakan tindak lanjut dari survei putaran pertama. Kegiatan ini merupakan kerja sama ERIA, Bappenas, dan SurveyMETER. Survei lanjutan ini bertujuan untuk (1) membandingkan kesehatan dan kesejahteraan lanjut usia selama pandemi coronavirus disease (COVID-19) antara Juli 2020 dan November 2020, (2) membandingkan permasalahan yang dihadapi oleh lanjut usia selama pandemi COVID-19 antara Juli 2020 dan November 2020, (3) mengetahui perubahan bantuan yang diterima lanjut usia sebagai respons dari pandemi COVID-19 antara Juli 2020 dan November 2020, dan (4) mengidentifikasi kebijakan yang paling sesuai untuk memitigasi dampak pandemi terhadap lanjut usia, berdasarkan perubahan situasi selama pandemi.

Hasilnya menunjukkan bahwa sebagian lanjut usia masih mengalami penurunan pendapatan pada November 2020. Dampak pandemi terhadap konsumsi makanan berubah dari Juli 2020 ke November 2020. Lebih sedikit lanjut usia yang menerima bantuan sosial pada November 2020 dibandingkan Juli 2020. Lanjut usia lebih menyukai bantuan tunai daripada bantuan dalam bentuk barang. Akses ke pelayanan kesehatan yang lebih baik menghasilkan diagnosis yang tepat sehingga lebih banyak lanjut usia yang teridentifikasi mengalami masalah kesehatan fisik. Selain itu, kesehatan mental lanjut usia sedikit membaik. Namun demikian, beberapa responden masih mengalami masalah dalam mengakses fasilitas kesehatan dan kekurangan obat-obatan rutin. Risiko isolasi sosial berkurang seiring dengan lamanya periode pandemi COVID-19 dan tren penurunan juga terlihat pada jumlah penerima pada beberapa dukungan sosial. Perawatan lanjut usia terpadu dengan bantuan teknologi digital direkomendasikan untuk memfasilitasi dukungan kebutuhan lanjut usia dengan pelayanan yang tersedia, Hal ini juga sesuai dalam situasi pandemi karena berpotensi mempercepat penyediaan layanan dan mengurangi risiko infeksi.

Versi Bahasa Inggris tersedia di website ERIA: Bahasa Inggris

 

Versi lengkap:

pdf2Lanjut Usia dan COVID-19 di Indonesia (Edisi 2022)

Isi:

pdf2Halaman Judul

pdf2Kata Pengantar

pdf2Sekapur Sirih

pdf2Daftar Pelaksana Kegiatan

pdf2Daftar Isi

pdf2Daftar Tabel dan Gambar

pdf2Daftar Singkatan

pdf2Ringkasan Eksekutif

pdf2Bab 1 Latar Belakang dan Tujuan

pdf2Bab 2 Karakteristik Responden

pdf2Bab 3 Ekonomi dan Perlindungan Sosial

pdf2Bab 4 Kesehatan

pdf2Bab 5 Interaksi dan Dukungan Sosial

pdf2Bab 6 Kesimpulan dan Rekomendasi

pdf2Referensi dan Lampiran

 

 

Open Recruitment Asisten Research Analyst

Kamis, 04/08/2022

RA Lowker

Download template CV yang harus diserahkan pada saat test/wawancara di sini

PERHATIAN !!

SurveyMETER menyelenggarakan perekrutan asisten lapangan hanya melalui aplikasi form pendaftaran di website. Kelengkapan isian form pendaftaran merupakan seleksi administratif tahap awal sebelum HRD SurveyMETER menghubungi pelamar via website, email, telepon, WA, atau SMS. Penjelasan terkait proyek, teknis pelaksanaan, dan hal-hal lain akan dijelaskan pada saat tes tulis dan wawancara.

Berlangganan Berita