Program Penanganan Stunting Senilai USD $ 120 Juta Tidak Membawa Dampak Signifikan Terhadap Pengurangan Stunting!!!

Jumat, 15-12-2023Amanda Beatty, Evan Borkum, William Leith, Clair Null, Wayan Suriastini


SurveyMETER bersama dengan Mathematica Inc, Washington DC melakukan studi evaluasi terhadap Program Community‐Based Health and Nutrition to Reduce Stunting Project (Nutrition Project) yang di danai oleh Millennium Challenge dilaksanakan di 11 propinsi di Indonesia antara tahun 2014 dan 2018. Nutrition Project ini melakukan penanganan stunting secara komprehensif melalui dengan 3 kegiatan utama: 1. Program bantuan kesehatan dan pendidikan berbasis masyarakat, 2. Pelatihan tenaga kesehatan tentang pemberian makanan untuk balita dan monitoring pertumbuhan, dan 3. Program sanitasi berbasis masyarakat.

Menggunakan metode Clustered Randomized Control Trial, studi evaluasi dilakukan di 95 kecamatan treatment dan 95 kecamatan kontrol yang tersebar di Provinsi Sumatera Selatan, Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah. Studi evaluasi baseline dilakukan November 2014 sampai Februari 2015, follow up studi endline dilaksanakan Januari sampai April 2019, satu tahun setelah berakhirnya Nutrition Project.

Studi menemukan bahwa kasus stunting pada sampel anak berusia 24-35 bulan pada kelompok treatment mengalami penurunan dari 44,2% pada saat baseline menjadi 37,1% pada saat endline, namun penurunan yang sama juga ditemukan pada kelompok kontrol. Studi juga tidak menemukan dampak signifikan Nutrition Project terhadap height-for-age z-score (HAZ) maupun persentase anak kurang berat badan/stunting di kedua kelompok. Dengan demikian studi menunjukkan paket kegiatan Nutrition Project yang komprehensif ternyata tidak menunjukkan dampak yang signifikan terhadap upaya pengurangan stunting.

Selengkapnya sila kunjungi:

https://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1111/mcn.13593