Workshop Diseminasi Analisis Ekonomi Digitalisasi Sistem Pengelolaan Program Imunisasi SMILE

Senin,04/09/2023

causes
Workshop Diseminasi Studi Analisis Ekonomi Digitalisasi Sistem Pengelolaan Program Imunisasi SMILE, 25 Agustus 2023

Sistem Monitoring Imunisasi dan Logistik secara Elektronik (SMILE) merupakan tonggak bersejarah dalam upaya meningkatkan efisiensi program imunisasi di Indonesia. Sebagai kolaborasi antara Kementerian Kesehatan RI dan United Nations Development Programme (UNDP), SMILE dirancang sebagai solusi revolusioner untuk memastikan ketersediaan vaksin secara tepat waktu di seluruh negeri. Langkah monumental ini dimulai dengan peluncuran dan uji coba SMILE pada tahun 2018, yang menjadi landasan kuat untuk perjalanan panjang SMILE dalam mendukung program imunisasi. Tak berhenti di situ, pada tahun 2021 perluasan penerapan SMILE ke 25 kabupaten/kota, membawa angin segar bagi program imunisasi rutin di Indonesia.

Pada tahun 2022, UNDP dan Kementerian Kesehatan RI memberikan kepercayaan kepada SurveyMETER untuk menghadirkan wawasan mendalam melalui Studi Analisis Ekonomi tentang Digitalisasi Sistem Pengelolaan Program Imunisasi melalui SMILE.

Pada 25 Agustus 2023, UNDP dan Kementerian Kesehatan RI menggelar kegiatan workshop diseminasi hasil analisis studi tersebut di Hotel Hermitage Jakarta. SurveyMETER sebagai mitra studi, diwakili tim peneliti studi tersebut; Ernis Asanti dan Roni Hermoko, memperoleh kesempatan menjadi salah satu panelis dalam acara tersebut dan memberikan "key message" berkaitan dengan manfaat dari digitalisasi pengelolaan program imunisasi melalui SMILE kepada Kementerian Kesehatan dan berbagai stakeholder yang tertarik pada kemajuan digitalisasi dalam sektor kesehatan. Hasil analisis ekonomi menunjukkan bahwa setiap investasi senilai Rp 1 pada program SMILE menghasilkan pengembalian sebesar Rp 2.77, sebuah angka yang memberikan bukti nyata tentang manfaat dari SMILE.

Selain itu, manfaat yang lebih luas dirasakan oleh para pengguna SMILE. Keberadaan pemantauan suhu berkelanjutan berbasis Internet of Things (IoT) menjadi pilar penting dalam menjaga kualitas vaksin dari risiko penurunan kualitas dan kerusakan akibat ekskursi suhu. Respons positif Kementerian Kesehatan terhadap digitalisasi pengelolaan program imunisasi melalui SMILE begitu menggembirakan, terutama dalam hal pemantauan stok dan pergerakan vaksin mulai dari tingkat nasional hingga ke pusat pelayanan kesehatan terdekat (Puskesmas).

Dukungan yang kokoh ini tidak berakhir di sini, karena Kementerian Kesehatan telah mengambil komitmen untuk terus mendukung perluasan dan keberlanjutan digitalisasi pengelolaan program imunisasi melalui SMILE di seluruh pelosok Indonesia. Langkah ini, tanpa diragukan lagi, akan memastikan ketersediaan dan mutu vaksin yang unggul bagi semua anak-anak Indonesia.

Berikut tautan mengunduh infosheet hasil studi tersebut. Unduh.