Survei Rumah Tangga Pelinting Rokok Kretek di Indonesia 2016

Senin, 24/10/2016SurveyMETER

causes
Wawancara praktik lapangan saat pelatihan calon pewawancara survei (20/10/2016)

SurveyMETER bekerjasama dengan Bank Dunia dan American Cancer Society (ACS) melakukan penelitian dengan judul Survei Petani Cengkeh Indonesia. Survei ini merupakan satu rangkaian penelitian dengan Survei Petani Cengkeh dan Survei Petani Tembakau di Indonesia.

Secara keseluruhan pelaksanaan survei dimulai pada bulan September 2016 hingga Februari 2017. Pengumpulan data lapangan dimulai pada 23 Oktober kemarin dan akan berakhir hingga awal Desember 2016.

Sebelum pengumpulan data lapangan proses survei melalui beberapa tahapan di antaranya pilot survey dan pelatihan calon asisten lapangan yang dilaksanakan di Kota Kudus. Studi kuantitatif ini dikumpulkan dengan metode Computer Assisted Personal Interviewing (CAPI).

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengevaluasi mata pencaharian ekonomi dari pekerja pelinting rokok kretek, seperti: profil, keterampilan, kondisi sosial ekonomi rumah tangga dari pekerja pelinting. Hasil penelitian ini bermanfaat untuk memberikan informasi kepada pemerintah Indonesia sehingga dapat memastikan bahwa para pekerja pelinting rokok kretek ini memiliki mata pencaharian ekonomi yang layak.

Sampel rumah tangga survei adalah 700 rumah tangga pekerja pelinting rokok kretek yang tersebar di Kabupaten Kudus, Kota Malang dan Kabupaten Pasuruan yang berada di Provinsi Jawa Timur. Lokasi penelitian ini dipilih berdasarkan jumlah pabrik rokok kretek dan jumlah pekerja di pabrik rokok kretek. (JF)