Tanggal
21 October 2014

Kata Kunci
Kota Ramah Lanjut Usia, Lanjut Usia di Payakumbuh

Lokasi
Payakumbuh Sumatra Barat

Tipe
Buku

Penulis
SurveyMETER dan CAS UI



Share Artikel:

Satu Langkah Menuju IMPIAN LANJUT USIA Kota Ramah Lanjut Usia 2030 | Kota Payakumbuh

impian kota lansia payakumbuhBerdasarkan data baseline Studi Asesmen Kota Ramah Lanjut Usia tahun 2013 Kota Payakumbuh dapat dinarasikan sebagai kota yang hampir ramah lanjut usia.

Berdasarkan kategori pencapaian warna yang disesuaikan pada persentase skor penilaian masyarakat yang menyatakan Sesuai dan Sangat sesuai, masyarakat Kota Payakumbuh memberikan penilaian warna kuning meskipun dengan bobot skor yang relatif masih rendah  yaitu total 55,1%. Masyarakat kota ini menilai, dari delapan dimensi kota ramah lansia satu di antaranya dinilai sudah berwarna hijau, empat dimensi berwarna kuning, dua dimensi orange, dan satu dimensi merah. Satu warna merah dan juga dua warna orange ini menjadi kelemahan capaian Kota Payakumbuh. Apalagi skor capaian dimensi Partisipasi Sipil dan Pekerjaan yang masih merah ini relatif masih rendah (kurang dari 17%).

Dengan capaian ini, harapan untuk mewujudkan Kota Payakumbuh menjadi kota ramah lansia sudah cukup lempang. Bahkan kalau direncanakan dengan matang akan terwujud dalam waktu tidak lama. Dan, untuk mewujudkannya lebih cepat perlu aksi nyata dan dukungan dari semua pihak. Tidak hanya pemerintah namun diperlukan keterlibatan pihak swasta dan semua kelompok masyarakat.

Bagaimana gambaran detail capaian 8 dimensi kota ramah lanjut usia di Kota Payakumbuh? Bagaimana jika dibandingkan dengan keadaan umum di Indonesia? Bagaimana rekomendasi pencapaian dan strategi untuk Kota Payakumbuh dalam mewujudkan Kota Ramah Lanjut Usia 2030? Selengkapnya silahkan unduh.

Ikon PDFSatu Langkah Menuju IMPIAN LANJUT USIA; Kota Ramah Lanjut Usia 2030 | Kota Payakumbuh